Jenis-Jenis Jaringan Nirkabel

Jaringan Nirkabel adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem Komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk Jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar Bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit).
 


 Jenis-Jenis Teknologi Jaringan Nirkabel :


·        Nirkabel  WPAN ( Wireless Personal Area Network )

Adalah jaringan wireles dengan jangkauan area kecil.
Contoh: Bluetooth, Infrared, Zigbee
  • Bluetooth
Adalah peralatan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya tanpa menggunakan media kabel, misalnya smartphone dengan smartphone dan perangkat lain yang terpasang bluetooth.
  • Infrared
adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang daripada cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700 nm dan 1 mm.
  •  Zigbee
spesifikasi untuk jaringan protokol komunikasi tingkat tinggi, menggunakan radio digital berukuran kecil dengan daya  rendah, dan berbasis pada standar IEEE 802.15.4-2003 untuk jaringan  personal nirkabel  tingkat rendah.




·        Nirkabel  WLAN ( Wireless Local Area Network )

adalah WIFI ini memiliki  jangkauan  lebih baik dibanding dengan WPAN. Saat ini WLAN mengalami peningkatan dari segi kecepatan dan luas cakupannya.

·        Nirkabel WWAN (Wireless Wide Area Network )

Jaringan wireless yang umumnya menjangkau area luas.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan NAT Static Dan NAT Dynamic

Konfigurasi VLAN 2 Router 3 Switch